Soal Diagram Batang Kelas 5: Latihan & Pembahasan Terlengkap

Diagram batang adalah salah satu bentuk visualisasi data yang digunakan untuk memudahkan pemahaman tentang angka dan statistik. Dalam matematika, diagram batang juga merupakan salah satu topik yang penting untuk dipelajari. Bagi siswa kelas 5, penguasaan konsep diagram batang sangat penting untuk mempersiapkan mereka dalam memahami pelajaran-pelajaran di masa depan.

Key Takeaways:

  • Diagram batang adalah bentuk visualisasi data yang digunakan untuk mempermudah pemahaman angka dan statistik.
  • Penguasaan konsep diagram batang penting untuk siswa kelas 5.
  • Artikel ini menyediakan latihan dan pembahasan soal diagram batang yang komprehensif untuk siswa kelas 5.

Pengertian Diagram Batang dan Contoh Soal

Diagram batang adalah bentuk grafik yang digunakan untuk merepresentasikan data numerik. Grafik ini menggunakan bar/baris yang direpresentasikan sebagai nilai numerik. Bar/chart ini dapat dikombinasikan dengan warna untuk membedakan setiap kategori. Diagram batang biasanya digunakan untuk membandingkan kuantitas atau jumlah data yang berbeda.

Contoh diagram batang:

KategoriJumlahWarna
Januari15Biru
Februari20Merah
Maret25Hijau

Contoh soal matematika diagram batang untuk kelas 5 SD:

Contoh 1:

Dalam satu kelas, terdapat 30 siswa. Berikut adalah data tinggi badan mereka dalam satuan sentimeter (cm). Buatlah diagram batang untuk data ini.

Jawaban:

Kita dapat menggunakan bar chart untuk merepresentasikan data ini. Setiap bar/chart mewakili rentang nilai tertentu. Berikut adalah diagram batang untuk data ini:

Tinggi Badan (cm)Jumlah Siswa
130-1405
140-15010
150-1608
160-1707

Dalam contoh ini, kita memiliki data tinggi badan untuk 30 siswa. Kita membagi data menjadi beberapa rentang tinggi badan, dan untuk setiap rentang, kita menunjukkan jumlah siswa yang memiliki tinggi badan dalam rentang tersebut.

Latihan Soal Diagram Batang Kelas 5

Latihan soal diagram batang akan membantu siswa memahami konsep ini dengan lebih baik. Berikut ini adalah serangkaian pertanyaan praktis yang disesuaikan untuk siswa kelas 5.

No.SoalJawaban
1Diagram batang di bawah ini menunjukkan jumlah buku yang dibaca oleh siswa di kelas 5 selama satu minggu. Berapa banyak siswa yang membaca kurang dari 7 buku?15 siswa
2Diagram batang di bawah ini menunjukkan jumlah siswa per kelas yang ikut dalam lomba matematika. Berapakah selisih jumlah siswa antara kelas 5A dan 5B?5 siswa
3Diagram batang di bawah ini menunjukkan jumlah siswa per hari yang menggunakan jasa perpustakaan sekolah. Berapa banyak siswa yang menggunakan perpustakaan pada hari Rabu dan Kamis?31 siswa

Latihan soal ini didesain untuk memberikan pemahaman yang komprehensif pada siswa tentang konsep diagram batang, mulai dari interpretasi, analisis, sampai dengan penggambarannya dalam grafik.

Pembahasan Soal Diagram Batang Kelas 5

Selamat! Anda telah berhasil menyelesaikan latihan soal diagram batang kelas 5. Sekarang, mari kita bahas jawaban dari setiap pertanyaan.

No.PertanyaanJawaban
1Berapa jumlah buku yang dibaca oleh Anggi?30
2Berapa jumlah buku yang dibaca oleh Rama?20
3Berapa perbandingan jumlah buku yang dibaca oleh Anggi dan Rama?3:2

Pertanyaan pertama meminta kita untuk menemukan jumlah buku yang dibaca oleh Anggi. Dari diagram batang, terlihat bahwa Anggi membaca 15 buku di bulan pertama dan 15 buku di bulan kedua. Oleh karena itu, total buku yang dibaca oleh Anggi adalah 30 buku.

Pertanyaan kedua meminta kita untuk menemukan jumlah buku yang dibaca oleh Rama. Dari diagram batang, terlihat bahwa Rama membaca 10 buku di bulan pertama dan 10 buku di bulan kedua. Oleh karena itu, total buku yang dibaca oleh Rama adalah 20 buku.

Pertanyaan ketiga meminta kita untuk menemukan perbandingan jumlah buku yang dibaca oleh Anggi dan Rama. Dari diagram batang, terlihat bahwa Anggi membaca 30 buku dan Rama membaca 20 buku. Oleh karena itu, perbandingan jumlah buku yang dibaca oleh Anggi dan Rama adalah 3:2.

Dalam menyelesaikan soal-soal ini, Anda mungkin perlu memperhatikan skala sumbu vertikal pada diagram batang dan melakukan perhitungan matematika sederhana, seperti penjumlahan dan perbandingan.

Demikianlah pembahasan mengenai jawaban dari latihan soal diagram batang kelas 5. Diharapkan dengan berlatih soal dan memahami pembahasan, Anda dapat menguasai konsep diagram batang dengan baik.

Soal Ujian Matematika Diagram Batang Kelas 5

Berikut adalah beberapa contoh soal ujian matematika kelas 5 yang berkaitan dengan diagram batang. Ingatlah untuk membaca setiap soal dan petunjuk dengan cermat sebelum menjawabnya. Selamat mengerjakan!

  1. Andi membeli beberapa mangga dan melon di pasar. Dalam bar chart di bawah ini, garis merah mewakili jumlah mangga yang dibeli, sedangkan garis biru mewakili jumlah melon yang dibeli.Berapa jumlah melon yang dibeli oleh Andi?
    1. 8
    2. 12
    3. 16
    4. 20

    Jawaban: B (12).

  2. Diagram batang di bawah ini menunjukkan jumlah siswa laki-laki dan perempuan di sebuah sekolah.Apakah jumlah siswa laki-laki dan perempuan di sekolah tersebut?
    1. 250
    2. 300
    3. 350
    4. 400

    Jawaban: D (400).

Penjelasan:

Pada contoh soal pertama, jumlah melon yang dibeli adalah garis biru pada diagram batang. Kita dapat melihat bahwa garis biru mencapai angka 12 pada sumbu vertikal, sehingga jawaban yang benar adalah B (12).

Pada contoh soal kedua, kita perlu menjumlahkan jumlah siswa laki-laki dan perempuan pada diagram batang. Dari diagram, dapat kita lihat bahwa batang laki-laki mencapai angka 200 dan batang perempuan mencapai angka 200 pula. Oleh karena itu, jumlah siswa laki-laki dan perempuan di sekolah tersebut adalah 200 + 200 = 400 siswa.

Latihan Soal Matematika SD Kelas 5 tentang Grafik

Latihan soal grafik akan membantu siswa memahami konsep grafik secara keseluruhan. Berikut kami sediakan beberapa latihan soal matematika SD kelas 5 tentang grafik, termasuk diagram batang. Setiap soal memiliki kisaran tingkat kesulitan yang berbeda untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang beragam. Jawaban untuk setiap soal juga disertakan untuk memfasilitasi penilaian sendiri.

SoalJawaban
Berikut adalah diagram batang yang menunjukkan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sebuah sekolah:

Berdasarkan diagram batang tersebut, berapa banyak siswa yang mengikuti klub musik?

  1. 20
  2. 25
  3. 30
  4. 35
Jawaban: 35
Diagram batang berikut menunjukkan jumlah buku yang dipinjam oleh siswa di perpustakaan selama sebulan:

Berdasarkan diagram batang tersebut, buku jenis apa yang paling banyak dipinjam?

  1. Buku sejarah
  2. Buku cerita anak-anak
  3. Buku matematika
  4. Buku bahasa Inggris
Jawaban: Buku cerita anak-anak
Berikut adalah diagram batang yang menunjukkan jumlah siswa perempuan dan laki-laki dalam sebuah kelas:

Berdasarkan diagram batang tersebut, berapa banyak siswa perempuan yang ada di kelas tersebut?

  1. 5
  2. 7
  3. 9
  4. 12
Jawaban: 12

Dengan berlatih dan memahami konsep grafik, termasuk diagram batang, siswa kelas 5 akan semakin terampil dalam menganalisis informasi menggunakan grafik dan meningkatkan kemampuan matematika mereka secara keseluruhan.

Soal Cerita Diagram Batang Kelas 5

Bagian ini akan memberikan soal cerita yang melibatkan grafik diagram batang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Soal-soal ini memerlukan siswa untuk menganalisis dan menginterpretasikan informasi yang disajikan dalam diagram batang untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

Berikut adalah beberapa contoh soal cerita yang melibatkan diagram batang:

Jumlah Buku Pinjaman Perpustakaan Sekolah AJumlah Buku Pinjaman Perpustakaan Sekolah B
150200
100150
50100

Pada diagram batang di atas, setiap garis vertikal mewakili 50 buku pinjaman. Berapa jumlah total buku pinjaman dari kedua perpustakaan?

Perpustakaan A menambahkan 50 buku baru ke koleksi mereka. Berapa garis vertikal yang harus ditambahkan ke diagram batang?

Perpustakaan B memiliki 500 buku pinjaman dalam satu minggu, sedangkan perpustakaan A memiliki 300 buku pinjaman dalam satu minggu. Buatlah sebuah diagram batang untuk menunjukkan jumlah buku pinjaman dalam seminggu untuk kedua perpustakaan tersebut.

Latihan Soal:

  1. Diagram batang di bawah menunjukkan jumlah murid dalam setiap kelas di sekolah. Berapa jumlah total murid di sekolah tersebut?
  2. Sebuah toko buku menjual tiga jenis buku: cerita, matematika, dan sains. Berikut adalah diagram batang yang menunjukkan jumlah penjualan buku selama seminggu terakhir.Berapa jumlah total buku yang terjual selama seminggu?
  3. Diagram batang di bawah ini menunjukkan jumlah siswa yang bergabung dengan klub di sekolah. Berapa klub yang memiliki lebih dari 20 anggota?
  4. Diagram batang di bawah ini menunjukkan jumlah penggunaan air di sebuah taman selama satu minggu. Berapa hari penggunaan air kurang dari 120 liter?

Contoh Soal Praktis Diagram Batang untuk Siswa SD

Berikut ini beberapa contoh soal praktis tentang diagram batang yang bisa membantu siswa kelas 5 memahami konsep ini lebih baik:

Contoh Soal 1

Pada suatu hari, sebuah toko buku mencatat penjualan buku-buku sains dan matematika selama satu minggu. Buku matematika yang terjual pada Senin adalah 15 buah, Selasa 10 buah, Rabu 12 buah, Kamis 18 buah, Jumat 5 buah, Sabtu 8 buah dan Minggu 6 buah. Buatlah sebuah diagram batang untuk menunjukkan penjualan buku matematika selama satu minggu tersebut!

Contoh Soal 2

Di suatu kelas, setiap siswa diminta untuk menyebutkan hewan kesukaannya. Berikut adalah data yang dikumpulkan:

  • Ayam: 10 siswa
  • Sapi: 5 siswa
  • Kucing: 15 siswa
  • Anjing: 20 siswa
  • Kambing: 7 siswa

Buatlah sebuah diagram batang untuk menunjukkan data tersebut.

Contoh Soal 3

Setiap hari, seorang guru mencatat waktu yang diahabiskan untuk mempersiapkan pelajaran sebelum mengajar. Waktu yang iahabiskan pada Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat berturut-turut adalah 1, 2, 3, 4 dan 5 jam. Buatlah sebuah diagram batang untuk menunjukkan waktu yang dihabiskan oleh guru tersebut untuk mempersiapkan pelajaran setiap harinya.

Dengan melalui latihan-latihan soal di atas, diharapkan siswa kelas 5 dapat memahami konsep diagram batang dengan lebih baik dan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi kehidupan sehari-hari.

Originally posted 2023-08-25 11:00:48.