Kumpulan Contoh Soal Sudut Berpelurus Kelas Tujuh Lengkap di Indonesia

Anda tengah belajar tentang sudut berpelurus di kelas 7 dan ingin mengasah kemampuan Anda untuk memecahkan soal tentang konsep ini? Kami telah menyusun serangkaian Contoh Soal Sudut Berpelurus Kelas Tujuh yang lengkap beserta jawaban untuk membantu mempermudah pemahaman Anda. Setiap contoh soal dilengkapi dengan pembahasan lengkap untuk memudahkan Anda dalam memahami cara memecahkan soal tersebut.

Kumpulan Contoh Soal Sudut Berpelurus Kelas Tujuh ini cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan dalam matematika dan memperdalam pemahaman tentang sudut berpelurus. Contoh soal ini mencakup berbagai macam jenis soal yang sering diujikan pada pelajaran sudut berpelurus kelas 7, termasuk soal tentang sudut berpelurus yang saling berhadapan dan sejenisnya.

Dengan kumpulan Contoh Soal Sudut Berpelurus Kelas Tujuh ini, diharapkan bisa membantu Anda dalam menghadapi berbagai masalah terkait sudut berpelurus dan meningkatkan pemahaman Anda terhadap konsep yang ada. Mari mulai latihan soal dan asah kemampuan matematika Anda!

Untuk membantu Anda dalam memahami konsep sudut berpelurus, kami akan membahas pengertian dan sifat-sifat sudut berpelurus pada bagian selanjutnya. Jangan lewatkan!

Pengertian Sudut Berpelurus

Sudut berpelurus pada dasarnya adalah dua sudut yang berada di sisi berlawanan garis, dan garis-garis tersebut membentuk satu garis lurus. Konsep ini menarik untuk dipelajari dan dipahami karena banyak digunakan dalam matematika dan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih memahami sudut berpelurus, mari kita lihat rumusnya. Rumus sudut berpelurus adalah sebagai berikut:

Jumlah kedua sudut berpelurus adalah 180 derajat.

Dalam bentuk simbol matematika, rumus tersebut dapat ditulis sebagai:

Rumus Sudut Berpelurus:∠a + ∠b = 180°
Keterangan:∠a dan ∠b adalah sudut berpelurus yang membentuk satu garis lurus.

Contoh soal untuk menghitung sudut berpelurus:

  1. Jika sebuah sudut berpelurus memiliki nilai ∠a = 70°, berapa nilai dari sudut berpelurus yang bersebrangan dengannya?
  2. Jika jumlah kedua sudut berpelurus adalah 150°, berapa besar sudut yang pertama?

Untuk memecahkan soal tersebut, kita cukup menggunakan rumus sudut berpelurus, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Dengan memahami sudut berpelurus dan rumusnya, kita dapat mengaplikasikan konsep tersebut dalam memecahkan berbagai masalah matematika yang lebih kompleks. Selanjutnya, kita akan membahas sifat-sifat dari sudut berpelurus untuk memperdalam pemahaman kita.

Sifat-sifat Sudut Berpelurus

Pada bagian ini, akan dijelaskan sifat-sifat dari sudut berpelurus. Sudut berpelurus memiliki beberapa sifat dan karakteristik yang khas, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Sudut berpelurus selalu berada pada satu bidang yang sama, yaitu bidang yang sama dengan garis berpelurus. Hal ini berarti sudut berpelurus tidak pernah bersilangan dengan garis berpelurus.
  • Sudut berpelurus saling berhubungan secara spesifik, yaitu dua sudut berpelurus yang saling berhadapan memiliki besaran sudut yang sama.
  • Sudut berpelurus yang bersebrangan selalu berjumlah 180 derajat, sehingga jika satu sudut berpelurus diketahui, maka sudut berpelurus yang bersebrangan dapat dengan mudah ditentukan menggunakan rumus sudut pelurus.
  • Sudut berpelurus dapat dibedakan menjadi sudut pelurus sama kaki dan sudut pelurus sama sisi. Sudut pelurus sama kaki memiliki dua sudut yang bertemu pada garis berpelurus dan memiliki besaran yang sama. Sedangkan sudut pelurus sama sisi terdiri dari empat sudut yang memiliki besaran yang sama dan masing-masing saling berhubungan secara spesifik.

Dengan memahami sifat-sifat sudut berpelurus, akan memudahkan dalam mengenali sudut berpelurus dan menerapkan rumusnya dalam pemecahan soal. Berikut adalah contoh soal sudut berpelurus kelas 7 beserta pembahasannya untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang konsep sudut berpelurus.

Contoh Soal Sudut Berpelurus Kelas 7

Berikut ini adalah beberapa Contoh Soal Sudut Berpelurus Kelas Tujuh beserta dengan jawabannya:

No.SoalJawaban
1Hitunglah besar sudut BAC pada gambar di bawah ini!60o
2Hitunglah besar sudut x pada gambar di bawah ini!30o
3Diketahui kedua sudut pada gambar di bawah ini adalah sudut berpelurus. Jika besar sudut CEF adalah 35o, maka berapa besar sudut DCF?55o
4Hitunglah besar sudut x pada gambar di bawah ini!70o
5Diketahui dua sudut pada gambar di bawah ini adalah sudut berpelurus. Jika besar sudut y adalah 50o, maka berapa besar sudut x?40o

Latihan soal berikutnya dapat membantu Anda memperdalam pemahaman Anda tentang sudut berpelurus. Selamat mengerjakan!

Pembahasan Soal Sudut Berpelurus

Pada bagian ini, akan dilakukan pembahasan mengenai beberapa contoh soal sudut berpelurus kelas 7:

Contoh Soal 1:

Diketahui dua pasang sudut berpelurus, yaitu α dan β, dengan besar sudut α adalah 58o, maka besar sudut β adalah berapa?

SudutBesar Sudut
α58o
β180o – 58o
= 122o

Jadi, besar sudut β adalah 122o.

Contoh Soal 2:

Diketahui segitiga ABC dengan sudut ∠BAC adalah sudut berpelurus, dan besar sudut ∠ABC adalah 75o, maka besar sudut ∠BAC adalah berapa?

SudutBesar Sudut
∠ABC75o
∠BAC180o – 75o
= 105o

Jadi, besar sudut ∠BAC adalah 105o.

Contoh Soal 3:

Diketahui segitiga XYZ dengan sudut ∠XZY adalah sudut berpelurus, dan besar sudut ∠XYZ adalah 65o, maka besar sudut ∠XZY adalah berapa?

SudutBesar Sudut
∠XYZ65o
∠XZY180o – 65o
= 115o

Jadi, besar sudut ∠XZY adalah 115o.

Demikianlah beberapa contoh soal sudut berpelurus kelas 7 beserta pembahasannya. Latihan soal ini akan membantu Anda untuk menguji dan meningkatkan pemahaman Anda tentang sudut berpelurus dan matematika kelas 7.

Latihan Soal Sudut Berpelurus

Berikut adalah beberapa latihan soal sudut berpelurus kelas 7:

NoSoalJawaban
1Hitunglah besar sudut berpelurus pada gambar di bawah ini!70 derajat
2Diketahui dua sudut berpelurus memiliki ukuran 110 derajat. Berapa jumlah derajat dari sudut-sudut lain yang berada di antara kedua sudut berpelurus tersebut?70 derajat
3Hitunglah besar sudut x pada gambar di bawah ini jika sudut PQR adalah sudut berpelurus.65 derajat

Latihan soal di atas dapat membantu Anda untuk memahami konsep sudut berpelurus dengan lebih baik dan melatih kemampuan dalam memecahkan masalah terkait sudut berpelurus.

Contoh Soal Sudut Berpelurus Kelas 7 Lainnya

  • Terdapat dua sudut berpelurus dengan ukuran yang sama. Jika salah satu sudut berukuran 100 derajat, berapa ukuran sudut yang lain?
  • Diketahui dua sudut berpelurus, masing-masing berukuran 60 derajat dan 120 derajat. Berapa jumlah derajat dari sudut-sudut lain yang berada di antara kedua sudut berpelurus tersebut?
  • Hitunglah besar sudut pada gambar di bawah ini jika sudut QSR dan PST adalah sudut berpelurus.

Jangan lupa untuk mengerjakan latihan soal di atas untuk menguji pemahaman Anda tentang sudut berpelurus dan melatih kemampuan dalam memecahkan masalah terkait sudut berpelurus.

Kesimpulan

Setelah mempelajari materi tentang sudut berpelurus, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep ini. Sudut berpelurus adalah sudut yang memiliki sisi yang sama dan membentuk garis lurus. Anda telah mempelajari cara mengenali sudut berpelurus dan menerapkan rumusnya dalam pemecahan masalah matematika.

Sifat-sifat sudut berpelurus juga telah dipelajari, seperti sudut berpelurus yang saling berhadapan dan sudut yang jumlahnya adalah 180 derajat. Dengan memahami sifat-sifat ini, Anda dapat lebih mudah dalam memecahkan soal terkait sudut berpelurus.

Latihan soal yang diberikan juga dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan sudut berpelurus. Pastikan untuk terus berlatih dan memperdalam pemahaman Anda tentang konsep ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mempelajari sudut berpelurus. Terima kasih telah membaca!