Latihan Contoh Soal Pembagian Kelas Tiga SD Terbaru

Bagi siswa kelas 3 SD, matematika merupakan salah satu materi yang sangat penting untuk dikuasai. Salah satu konsep matematika yang harus dipelajari pada kelas 3 adalah pembagian. Melalui latihan dan Contoh Soal Pembagian Kelas Tiga yang menarik dan terbaru, siswa akan semakin memahami konsep matematika ini dengan lebih baik.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan berbagai Contoh Soal Pembagian Kelas Tiga dan latihan pembagian kelas 3 SD untuk meningkatkan pemahaman siswa. Selain itu, kami juga akan membahas strategi dan tips untuk mengerjakan soal pembagian dengan efektif serta memberikan referensi tambahan agar siswa kelas 3 SD dapat memperdalam pemahaman mereka tentang pembagian.

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas 3 SD melalui latihan contoh soal pembagian kelas 3! Mari kita mulai belajar bersama.

Ketentuan Pembagian dalam Matematika Kelas 3

Pembagian adalah operasi matematika yang membagi sebuah bilangan menjadi bagian yang sama besar. Konsep pembagian tidak hanya berguna dalam matematika, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi siswa kelas 3 untuk memahami konsep pembagian dengan baik.

Ada beberapa aturan yang harus diikuti dalam pembagian:

  • Bilangan yang akan dibagi disebut sebagai “dividen”.
  • Bilangan yang menjadi pembagi disebut sebagai “pembagi”.
  • Hasil dari pembagian disebut sebagai “quotient”.
  • Jika sisa hasil pembagian sama dengan nol, maka bilangan tersebut dapat dibagi secara utuh.

Untuk membantu siswa memperkuat pemahaman mereka tentang konsep pembagian, berikut adalah beberapa contoh soal matematika pembagian kelas 3:

DividenPembagiQuotient
1243
1836
2464

Dengan memahami aturan-aturan tersebut dan mengerjakan latihan-latihan pembagian dengan baik, diharapkan siswa kelas 3 dapat menguasai konsep pembagian dengan lebih baik.

Contoh Soal Pembagian Kelas 3 SD

Berikut adalah beberapa Contoh Soal Pembagian Kelas Tiga SD yang akan membantu siswa dalam memahami konsep pembagian.

NoSoalJawaban
136 : 6 = ….6
215 : 3 = ….5
3Berapa hasil dari 20 : 4?5

Soal di atas menunjukkan variasi dari soal pembagian yang umumnya diberikan pada siswa kelas 3 SD. Siswa juga dapat membuat beberapa Contoh Soal Pembagian Kelas Tiga mereka sendiri untuk memperdalam pemahaman mereka.

Latihan Pembagian Kelas 3 SD

Bagian ini menyediakan latihan tambahan untuk siswa kelas 3 dalam pembagian. Latihan-latihan ini dirancang untuk membantu siswa memperdalam pemahaman mereka tentang pembagian dan mengasah keterampilan mereka dalam mengerjakan soal pembagian.

Berikut adalah beberapa contoh latihan pembagian kelas 3 SD:

No.Soal
1Berapakah hasil dari 63 : 9 ?
2Ibu membeli 24 kue untuk dibagi rata ke 6 anak. Berapa banyak kue yang akan diterima setiap anak?
3Berapakah 96 : 8 ?
4Di sebuah taman terdapat 48 bunga yang akan ditanam dalam pot-pot yang berisi 6 bunga setiap potnya. Berapa banyak pot yang diperlukan?

Setelah selesai mengerjakan latihan-latihan di atas, siswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai konsep pembagian dalam matematika kelas 3 SD.

Strategi dan Tips dalam Pembagian Kelas 3 SD

Untuk membantu siswa kelas 3 lebih efektif dalam memecahkan masalah pembagian, berikut akan disajikan beberapa strategi dan tips yang dapat diterapkan:

  1. Pahami Konsep Dasar – Sebelum memulai mengerjakan soal pembagian, pastikan siswa memahami konsep dasar tentang pembagian, seperti bilangan bagi dan hasil bagi. Hal ini akan membantu siswa dalam memahami soal dan menyelesaikannya dengan lebih mudah.
  2. Menguasai Tabel Perkalian – Menguasai tabel perkalian sangatlah penting untuk memudahkan siswa dalam mengerjakan soal pembagian. Dengan menguasai tabel perkalian, siswa dapat menjawab soal pembagian dengan lebih cepat dan mudah.
  3. Penggunaan Diagram dan Gambar – Menggunakan diagram dan gambar dapat membantu siswa memahami soal pembagian dengan lebih baik. Siswa dapat membuat diagram atau gambar yang memperjelas soal pembagian yang diberikan sehingga memudahkan mereka dalam menyelesaikan soal.
  4. Latihan Rutin – Seperti halnya dalam belajar, latihan rutin juga diperlukan saat mempelajari pembagian. Siswa dapat berlatih secara rutin dalam memecahkan soal pembagian sehingga semakin mahir dan cepat dalam menyelesaikan soal tersebut.
  5. Berkolaborasi dengan Teman – Kolaborasi dengan teman dapat membantu siswa kelas 3 dalam memecahkan masalah pembagian. Siswa dapat berdiskusi dengan teman-temannya dan saling membantu dalam mengerjakan soal pembagian. Dengan begitu, siswa tidak hanya memperdalam pemahaman tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial mereka.

Korreksi dan Penjelasan pada Soal Pembagian Kelas 3

Berikut adalah kunci jawaban dan penjelasan untuk beberapa soal pembagian kelas 3:

SoalKunci JawabanPenjelasan
24 : 6 = …4Untuk mencari hasil pembagian, kita dapat membagi 24 dengan 6. Hasilnya adalah 4.
56 : 8 = …7Untuk mencari hasil pembagian, kita dapat membagi 56 dengan 8. Hasilnya adalah 7.
45 : 9 = …5Untuk mencari hasil pembagian, kita dapat membagi 45 dengan 9. Hasilnya adalah 5.

Dengan memahami kunci jawaban dan penjelasan pada soal-soal pembagian kelas 3, diharapkan siswa dapat menguasai konsep pembagian dengan lebih baik dan mampu menyelesaikan soal pembagian dengan lebih mudah.

Referensi Tambahan tentang Pembagian Kelas 3 SD

Untuk memperdalam pemahaman mengenai konsep pembagian kelas 3, ada beberapa referensi tambahan yang dapat digunakan siswa. Pertama, dapat membaca buku “Matematika Dasar untuk Anak Sekolah” karya Asep Lukman Hakim yang membahas materi pembagian dalam bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, situs matematika.sekolahkita.com dan ruangguru.com juga menyediakan materi pembagian angka kelas 3 dan pembagian bilangan kelas 3 yang interaktif dan menarik. Video tutorial di Youtube, seperti “Belajar Matematika Kelas 3 SD – Pembagian” dari channel Kelas 3 SD juga dapat membantu siswa memahami materi pembagian dengan lebih baik.