Latihan Contoh Soal Pembagian Desimal Kelas Empat SD

Artikel ini berisi tentang latihan Contoh Soal Pembagian Desimal Kelas Empat SD yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembagian desimal. Soal-soal ini akan membantu siswa memperdalam konsep yang telah dipelajari di kelas dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal matematika desimal.

Pembagian desimal kelas 4 termasuk dalam topik matematika yang kompleks, oleh karena itu, artikel ini akan memberikan Contoh Soal Pembagian Desimal Kelas Empat yang disajikan secara mudah dipahami dan efektif. Siswa akan melakukan latihan pembagian desimal kelas 4 SD untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menangani soal ini.

Pengertian Pembagian Desimal

Pembagian desimal adalah salah satu operasi matematika yang melibatkan pembagian bilangan dengan desimal. Pada pembagian desimal, hasil yang didapat akan dipengaruhi oleh angka desimal. Contoh, saat satu angka dibagi dengan desimal: 9 ÷ 0,3 = 30, sehingga pembagian desimal perlu diterapkan dengan tepat.

Untuk lebih memahami konsep ini, berikut ini adalah contoh soal desimal yang dapat dijadikan referensi untuk latihan.

No.Soal
1Berapa hasil dari 27 ÷ 0,3?
2Hitung luas segitiga dengan alas 8 cm dan tinggi 0,4 cm!
3Berapa hasil dari 0,9 ÷ 0,03?

Langkah-langkah Pembagian Desimal

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari langkah-langkah pembagian desimal. Operasi ini melibatkan pembagian bilangan dengan desimal, dan angka desimal perlu diperhatikan saat melakukan perhitungan. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda menyelesaikan soal pembagian desimal dengan mudah.

Contoh Soal Pembagian Desimal

Berikut contoh soal pembagian desimal yang akan dijawab dengan langkah-langkah berikut:

BilanganOperasiHasil
2,5:0,5
4,75:0,25
5,6:0,4

Dalam contoh di atas, langkah-langkah pembagian desimal adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan bilangan yang akan dibagi di atas garis pembagian.
  2. Letakkan jumlah pembaginya di bawah garis pembagian.
  3. Bagikan bilangan dengan pembagi dengan cara memindahkan koma pada bilangan dan pembagi ke kanan sejauh mungkin.
  4. Letakkan koma pada hasil pembagian yang telah didapat pada tempat yang sama dengan bilangan yang akan dibagi.
  5. Lanjutkan pembagian hingga diperoleh hasil yang tepat.

Dengan memahami langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan soal pembagian desimal dengan benar. Latihan soal pembagian desimal yang lebih banyak dapat membantu meningkatkan penguasaan materi ini.

Contoh Soal Pembagian Desimal Kelas 4 SD

Bagian ini berisi Contoh Soal Pembagian Desimal Kelas Empat SD. Soal-soal ini khusus dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembagian desimal dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal matematika desimal. Soal-soal ini dibuat dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan siswa kelas 4 SD.

NoSoalJawaban
110 ÷ 0,1 = …100
28 ÷ 0,4 = …20
332 ÷ 0,8 = …40
43,6 ÷ 0,6 = …6
524 ÷ 0,8 = …30

Latihan contoh soal pembagian desimal merupakan cara yang efektif untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran matematika. Siswa dapat meningkatkan keterampilan mereka melalui latihan dan menguasai konsep pembagian desimal dengan lebih baik. Pastikan siswa menguasai pembagian desimal kelas 4 SD dengan mengikuti berbagai latihan dan belajar secara teratur.

Latihan Pembagian Desimal Kelas 4 SD

Latihan ini akan melatih keahlian siswa dalam pembagian desimal kelas 4 SD. Siswa akan diberikan berbagai contoh soal desimal untuk dijawab. Pastikan untuk membaca soal dengan teliti dan memahami langkah-langkah pembagian desimal sebelum mengerjakan soal.

Berikut adalah Contoh Soal Pembagian Desimal Kelas Empat SD:

  1. Pak Budi memiliki 6,24 meter kain yang akan dijual. Ia mengemas kain tersebut dalam potongan-potongan dengan ukuran 0,12 meter untuk setiap potong. Berapa banyak potongan kain yang dapat dihasilkan oleh Pak Budi?
  2. Bu Marta membeli 2,5 kilogram beras. Dia ingin memasak nasi untuk 5 orang. Jika satu orang memakan 0,25 kilogram nasi, berapa banyak kilogram beras yang dipakai setiap kali memasak nasi?
  3. Seorang petani memiliki ladang dengan luas 5,6 hektar. Dia ingin membagi ladang tersebut menjadi 8 kelompok yang memiliki luas yang sama. Berapa luas tiap kelompok tersebut?
  4. Pak Ali membeli 3,6 liter minyak goreng. Ia ingin menuangkan minyak goreng tersebut ke dalam botol-botol yang berukuran 0,6 liter. Berapa banyak botol yang dibutuhkan Pak Ali?

Latihan ini akan membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka dalam pembagian desimal kelas 4 SD. Selamat mengerjakan!