Kumpulan Contoh Soal Keliling Jajargenjang Terlengkap Indonesia

Anda sedang belajar mengenai geometri dan mencari contoh soal keliling jajargenjang? Kami siap membantu Anda dalam mempelajari konsep perhitungan keliling jajargenjang dengan menyediakan kumpulan contoh soal yang lengkap dan terperinci.

Contoh soal yang kami sediakan dapat membantu Anda memperdalam pemahaman tentang rumus dan cara menghitung keliling jajargenjang dengan lebih baik. Selain itu, kami juga menyediakan kalkulator keliling jajargenjang yang memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan.

Dengan mempelajari soal keliling jajargenjang dan berlatih menerapkannya, Anda akan lebih mudah menguasai konsep ini dan meningkatkan kemampuan Anda dalam menghitung keliling jajargenjang.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo pelajari contoh soal keliling jajargenjang dan kalkulator keliling jajargenjang kami untuk meningkatkan kemampuan hitung Anda!

Rumus dan Cara Menghitung Keliling Jajargenjang

Setelah memahami pengertian jajargenjang dan sifat-sifatnya pada bagian sebelumnya, selanjutnya adalah mempelajari bagaimana menghitung keliling jajargenjang. Ada beberapa langkah yang perlu diikuti untuk mendapatkan hasil perhitungan yang akurat.

Rumus Keliling Jajargenjang

Rumus keliling jajargenjang adalah:

Keliling jajargenjang = 2 x (sisi alas + sisi miring)

Di mana:

  • sisi alas adalah panjang salah satu sisi yang sejajar dengan basis jajargenjang
  • sisi miring adalah panjang salah satu sisi lainnya

Cara Menghitung Keliling Jajargenjang

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung keliling jajargenjang:

  1. Tentukan panjang sisi alas dan sisi miring
  2. Jumlahkan panjang kedua sisi tersebut
  3. Kalikan hasil penjumlahan dengan 2

Sebagai contoh perhitungan, misalnya sebuah jajargenjang memiliki sisi alas sepanjang 5 cm dan sisi miring sepanjang 8 cm, maka:

2 x (5 cm + 8 cm) = 26 cm

Sehingga keliling jajargenjang tersebut adalah 26 cm.

Pengertian Jajargenjang dan Sifat-sifatnya

Jajargenjang adalah bangun datar dua dimensi yang terdiri dari dua pasang segi empat yang bersebelahan dan sejajar. Bentuk jajargenjang dapat diilustrasikan sebagai sebuah persegi panjang yang salah satu sisinya digeser sejajar dengan sisi yang bersebelahan.

Sifat-sifat jajargenjang yang perlu diketahui adalah:

  • Jajargenjang memiliki pasangan sisi yang sejajar dan sama panjang.
  • Jajargenjang memiliki pasangan sudut yang bersebrangan sama besar.
  • Luas jajargenjang dapat dihitung dengan mengalikan alas dengan tinggi.

Contoh Jajargenjang

Berikut adalah contoh-contoh jajargenjang:

JajargenjangLuas
Jajargenjang ABCD300 cm2
Jajargenjang PQRS480 m2

Latihan Soal Keliling Jajargenjang Tingkat Pemula

Berikut ini adalah contoh soal keliling jajargenjang tingkat pemula:

NoLebarTinggiKeliling
14 cm6 cm
27 cm3 cm
35 cm5 cm

Silakan hitung keliling jajargenjang pada tabel di atas. Jika Anda kesulitan, gunakanlah kalkulator keliling jajargenjang yang tersedia di situs kami.

Berikut adalah contoh jawaban dari latihan soal di atas:

  1. Keliling jajargenjang no. 1 = 20 cm
  2. Keliling jajargenjang no. 2 = 20 cm
  3. Keliling jajargenjang no. 3 = 20 cm

Dengan menguasai latihan soal tingkat pemula ini, Anda dapat melangkah ke tingkat selanjutnya, yaitu latihan soal keliling jajargenjang tingkat menengah. Selamat belajar!

Latihan Soal Keliling Jajargenjang Tingkat Menengah

Berikut ini adalah beberapa soal keliling jajargenjang tingkat menengah untuk meningkatkan kemampuan perhitungan Anda:

NoSoalJawaban
1Sebuah jajargenjang memiliki panjang alas 12 cm dan tinggi 8 cm. Hitunglah keliling jajargenjang tersebut!40 cm
2Sebuah jajargenjang memiliki keliling 52 cm dan tinggi 10 cm. Tentukanlah panjang alas jajargenjang tersebut!16 cm
3Sebuah jajargenjang memiliki keliling 60 cm dan panjang alas 14 cm. Berapa tinggi jajargenjang tersebut?8 cm

Latihan soal di atas merupakan contoh soal tingkat menengah yang memerlukan pemahaman yang lebih mendalam dalam menghitung keliling jajargenjang. Pastikan Anda memahami rumus dan cara perhitungan terlebih dahulu sebelum mencoba menyelesaikan latihan soal ini.

Latihan Soal Keliling Jajargenjang Tingkat Lanjutan

Berikut ini adalah soal keliling jajargenjang tingkat lanjutan yang akan menguji kemampuan Anda dalam menerapkan rumus dan menghitung keliling jajargenjang dalam situasi yang lebih kompleks.

  1. Sebuah jajargenjang memiliki panjang sisi sejajar 15 cm dan 18 cm. Sisi miring jajargenjang tersebut memiliki panjang 20 cm. Hitunglah keliling jajargenjang tersebut!
  2. Diketahui jajargenjang ABCD memiliki panjang sisi sejajar AB dan CD masing-masing 6 cm dan 8 cm. Jika tinggi jajargenjang tersebut adalah 4 cm. Hitunglah keliling jajargenjang tersebut!
  3. Diberikan suatu jajargenjang dengan panjang sisi sejajar 12 cm dan 8 cm. Sisi miring jajargenjang tersebut memiliki panjang 15 cm. Hitunglah keliling jajargenjang tersebut!
  4. Jajargenjang PQRS memiliki keliling 48 cm dan tinggi 7 cm. Hitunglah panjang sisi miring jajargenjang tersebut!
  5. Sebuah jajargenjang memiliki keliling 80 cm. Jika panjang sisi sejajar 2 kali panjang sisi miring, hitunglah luas jajargenjang tersebut!

Ketika Anda telah menyelesaikan latihan soal di atas, silakan cek penyelesaiannya di bagian berikutnya.

Penyelesaian Soal Latihan Keliling Jajargenjang

Berikut ini adalah penyelesaian dari contoh soal-soal keliling jajargenjang yang telah diberikan sebelumnya. Dalam penyelesaian ini, kami akan menunjukkan langkah-langkah perhitungan yang benar untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Hal ini akan membantu Anda memahami konsep dan meningkatkan kemampuan hitung keliling jajargenjang Anda.

Contoh Soal 1

Sebuah jajargenjang memiliki panjang alas 10 cm dan tinggi 7 cm. Tentukan keliling jajargenjang tersebut!

Penyelesaian:

UkuranNilai
Alas10 cm
Tinggi7 cm

Rumus keliling jajargenjang adalah K = 2 × (a + b).

Dalam jajargenjang, panjang alas dan sisi miring (disebut juga dengan sisi tegak) membentuk sudut lancip. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan rumus Pythagoras untuk menentukan sisi miring, sekaligus menghitung keliling jajargenjang.

Maka:

Sisi miring = √(10² + 7²) = √(100 + 49) = √149 cm

Keliling = 2 × (10 + √149) = 2 × 10 + 2 × √149 = 20 + 2√149 cm

Jadi, keliling jajargenjang tersebut adalah 20 + 2√149 cm.

Contoh Soal 2

Sebuah jajargenjang memiliki keliling 26 cm dan lebar 5 cm. Tentukanlah panjang alas jajargenjang tersebut!

Penyelesaian:

UkuranNilai
Lebar5 cm
Keliling26 cm

Rumus keliling jajargenjang adalah K = 2 × (a + b).

Kita dapat menyederhanakan rumus ini menjadi a + b = K/2.

Dalam jajargenjang, panjang alas dan sisi miring (disebut juga dengan sisi tegak) membentuk sudut lancip. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan rumus Pythagoras untuk menentukan sisi miring, sekaligus menghitung panjang alas jajargenjang.

Maka:

Sisi miring = √[(K/2)² – lebar²] = √[(26/2)² – 5²] = √(169) = 13 cm

Alas = (K/2) – lebar = 13 – 5 = 8 cm

Jadi, panjang alas jajargenjang tersebut adalah 8 cm.

Kesimpulan

Setelah mempelajari rumus dan soal keliling jajargenjang, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep perhitungan keliling jajargenjang. soal keliling jajargenjang yang kami berikan dapat membantu Anda dalam menguji kemampuan dan meningkatkan keterampilan Anda dalam menghitung keliling jajargenjang.

Dengan mempraktikkan metode perhitungan yang benar, menggunakan rumus yang tepat, dan berlatih mengerjakan soal keliling jajargenjang, Anda akan menjadi lebih percaya diri dalam menghitung keliling jajargenjang. Perlu diingat bahwa kemampuan perhitungan keliling jajargenjang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan dalam bidang ilmu yang terkait dengan matematika dan geometri.

Sekarang, dengan pemahaman Anda yang telah meningkat, Anda diharapkan dapat menggunakan rumus dan menerapkan konsep keliling jajargenjang dengan lebih mudah dan lebih akurat. Teruslah berlatih dengan contoh soal keliling jajargenjang yang kami sediakan dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan jika Anda menemukan kesulitan.

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang contoh soal dan rumus keliling jajargenjang. Semoga materi yang telah disajikan dapat membantu Anda meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam menghitung keliling jajargenjang. Selamat belajar!